Kamis, 28 Agustus 2014

ISIS SEBAGAI FITNAH TERHADAP ISLAM


Fenomena ISIS kian marak dibicarakan di dunia. Baik di dunia maupun di Indonesia. Terlebih lagi dengan masuknya ISIS ke Indonesia membuat semua kalangan menaruh pandangan dan perhatiannya terhadap fenomena tersebut.
Jika saya telusuri ISIS di media Internet. Saya cari di website Wikipedia bahwasannya ISIS ini sebuah organisasi yang sudah mapan secara politik dan ekonomi serta anggotanya sudah dilengkapi persenjataan yang bisa dibilang cukup mumpuni. Tujuan dari ISIS tersebut adalah menciptakan negara islam berdasarkan system khilafah sesuai dengan namanya Islamic State Irak and Suriah. Tapi informasi yang saya dapat dari Wikipedia dan beberapa media internet bahwasannya untuk mendapatkan dana didapat dengan hasil merampok sebuah bank. Saya pikir itu jelas bertentangan dengan nilai-nilai yang ada pada Islam.
Tapi bukan itu yang jadi pokok permasalahannya. Permasalahannya adalah bahwa dengan munculnya
ISIS ini apalagi dengan mulai masuk ke dalam wilayah Indonesia seseorang akan berpikir bahwa setiap orang yang akan mendirikan negara islam akan di “judge” sebagai teroris.
ISIS ini bisa menjadi fitnah bagi umat islam dan bagi islam itu sendiri. Pertama, seseorang yang berbicara mengenai islam dan mengkaitkannya dengan pemerintahan akan diberi label dengan sebutan teroris. Kedua, nilai-nilai yang ada pada islam akan menjadi luntur perlahan-lahan. Hal ini yang menjadi fitnah bagi umat islam dan islam itu sendiri. Padahal Islam bukan hanya sebatas agama saja melainkan Islam adalah sebuah konsep hidup yang didalamnya terdapat bagaimana mengatur pergaulan rumah tangga, bertetangga, hingga bernegara. Islam mengatur hal terbesar hingga terkecil sekalipun. Islam pun mengatur cara orang buang air besar. Tidak ada hal yang tidak diatur oleh Islam. Islam adalah adalah sebuah sistem yang lengkap yang diberikan Allah SWT.
Sehingga suatu kesalahan berpikir jika mengganggap bahwa Islam hanya sebatas agama saja. Islam tidak bisa dipisahkan dari seluruh elemen kehidupan di bumi ini. Oleh karena itu Islam tidaklah salah. Tidak ada yang salah dalam Islam. Perlu objektifitas dalam menyikapi sebuah fenomena. Maka yang perlu diperhatikan disini adalah bagaimana cara mengamalkan Islam secara kaffah terlepas informasi ISIS yang merebak itu salah atau benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar